Berita Bumdes

Aktivitas Penjualan Air Minum Unit Usaha Bumdesa Tasik Serai

 

Depot Air Minum merupakan aset pemerintah Desa Tasik Serai, Seiring berjalannya waktu dan terbitnya peraturan mentri pembangunan desa dan daerah tertinggal nomor 4 tahun 2015 tetang badan usaha milik desa selanjutnya peraturan mentri dalam negri nomor 1 tahun 2016 tentang aset desa maka aset desa berupa depot air minum tepat pada  tahun 2018 bulan desember telah diserahkan ke pada badan usaha milik desa melalui mekanisme penyertaan modal desa berupa aset.

Pengurus oprasional bumdesa bersama pengawas melaksanakan pengamatan pada pengelolaan unit usaha air minum baik dari segi penjualan, serta masalah/kendala yang ada, baik dari segi pengolahan air pada mesin, sistem pelayanan,sistem penjualan serta alat angkut/armada

Dari hasil pengamatan penjualan dapat disimpulkan bahwa depot air minum ini sangat menjanjikan untuk mengali pendapatan PAD desa. kendala seperti sistem penjualan,pengolahan air dan pelayanan bukanlah merupakan kendala yang signifikan terhadap pendapatan penjualan, melainkan kendala terbesar saat ini yaitu armada/alat angkut penjualan yang tidak ada sama sekali sehinga menyebabkan penjulan menjadi  sistem bosan/tungu, dalam arti kata masyarakat yang datang ke depot air minum untuk membeli baru ada transaksi penjualan sehinga pendapatan perbulan hanya berkisar rp. 500rb sampai Rp.800rb perbulan. kami kawatirkan dengan berjalannya waktu usaha depot air ini  hanya menjadi pajangan tapi tidak menghasilkan pendapatan.

Berbeda dengan sistem penjualan pada tahun 2016 dan 2017 sesuai keterangan yang disampaikan oleh: Ngatiman selaku Ketua Pengurs Harian Depot Air Minum pada tahun 2016 pendapatan penjualan air minum mencapai angka Rp. 18.000.000 / per bulan dengan armada 1 unit roda 3 milik usaha depot serta 5 buah becak milik masyarakat, sehinga setiap masyarakat memesan air minum armada yang ada langsung siap bergerak memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sesuai tujuan nawacita pemerintah bumdesa harus bisa mengali potensi desa dan melahirkan PADes, maka dari itu untuk menstabilitas penjualan dan pendapatan kami berharap pemerintah dapat membantu kami dalam pengadaan armada dan kelengkapan pendukung lainnya.. **)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *